Profil PPI Haji Miskin

Thursday, 06 June 2013 03:12 administrator
Print PDF

Pandaisikek, Pondok Pesantren Islam Haji Miskin (PPIHM), Terletak di kaki Gunung Singgalang yang menjulang, tepatnya di Palaktangkuah, Jorong Koto Tinggi, Kanagarian Pandaisikek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Ponpes ini menjadi tempat menimba ilmu yang kondusif bagi para santri suasana yang sejuk, alami dan jauh dari kebisingan.

Dengan koordinat : 0°23’42.10” Lintang Selatan 100°23’32.12” Bujur Timur lokasi pondok pesantren Jarak dari Ibukota Kecamatan: + 4 KM, dari Ibukota Kabupaten: 35 KM dan dari Ibukota Propinsi: 80 KM, dengan ketinggian 1400 meter dari permukaan laut.

 

PPIHM didirikan pada 13 Agustus 1991 oleh para pendiri yang sebagian besar adalah ulama, dilatarbelakangi keinginan untuk melakukan perbaikan terhadap generasi muda saat itu. "Tindak tanduk sikap dan gaya hidup generasi muda yang sudah terpengaruh gaya hidup yang dipengaruhi oleh zaman, membuat para pendiri pesantren merasa terpangil untuk mendirikan sebuah sarana atau tempat untuk mempelajari Islam". Dan nama "Haji Miskin" sendiri diambil dari nama seorang ulama besar Pandaisikek yang hidup antara tahun 1770-1832.

Peta Lokasi PPIHM


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PPIHM dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Haji Miskin yang bernomor statistik 512.13.04.01.010 dengan jenjang akreditasi terdaftar yang menempati tanah wakaf seluas 2.5 Ha yang dimiliki yayasan sendiri atas sumber dana dari sumbangan, infak dan sedekah dari pemuka masyarakat Jorong Koto Tinggi, perantau Pandaisikek dan kaum muslimin.

Setelah PPIHM berjalan sekian tahun barulah pembangunan berlanjut dari iuran wali santri (uang pembangunan), Pemerintahan, Infak dan sedekah yang masih berlanjut sampai saat ini.

PPIHM memiliki visi “Terbentuknya generasi muslim yang siap menerima dan mengamalkan Islam secara kaffah”.

Dengan misi :

  • Mencetak kader ulama dan cendikia yang amilin fi sabilillah.
  • Melaksanakan kegiatan pendidikan dan dakwah secara independen dengan tanggung jawab kepada umat.
  • Melaksanakan proses pembelajaran secara integral dalam satu kepemimpinan mudirul ma`had.

PPIHM memadukan antara kurikulum kepondokan dan kurikulum Kemenag dengan lebih mengutamakan pendidikan aqidah dan pembinaan akhlak Islam.

Semoga dengan adanya PPIHM ini, bisa ikut andil dalam pembetukan generasi muda Islam yang Istiqomah dan dengan seizin-Nya.

 

Last Updated on Monday, 17 June 2013 08:43
alam
alam2
bela diri
belajar l
belajar p
berbaris
cerita
halaman
jalan-jalan
jalan-jalan2
kemping l
kemping p
kunjungan1
kunjungan2
lokal
muadarah p
muadarah
ngaji
ponpes
ponpes2
voli

About us

 

لا إله إلا الله محمد رسول الله